Rabu, 27 April 2011

Ciri Sahabat Sejati


Kamu punya sahabat? apakah jalinan persahabatan yang kamu jalin sudah memenuhi kriteria persahabatan yang sehat?


Sahabat bisa dibilang sebagai orang yang paling dekat dengan kita selain keluarga atau kekasih. Sahabat yang baik ada pada saat dibutuhkan, tak jarang sahabat pula dijadikan tempat untuk mencurahkan perasaan, tapi masalahnya kita tidak tau ukuran kualitas persahabatan yang baik.
Berikut ini adalah ciri kualitas persahabatan yang sehat :
1. Loyalitas
Loyalitas atau bahasa gampangnya kesetiaan diantara adalah salah satu ciri persahabatan yang sehat. Ketika kita menemukan sahabat yang dapat memaafkan dan mendampingi kita dalam keadaan apa pun, kita patut bersyukur. Jangan pernah menyia-nyiakan loyalitas yang ditunjukkan oleh para sahabat dan hargailah selalu hal itu.
2. Respek
Memang yang namanya manusia termasuk sahabat kita kadang tidak sependapat dengan apa yang kita mau. Tapi sahabat yang baik adalah ketika saat itu, sahabat tersebut masih menunjukkan rasa hormat dan respek pada kita.
3. Tanpa Syarat
Seorang sahabat tidak akan mengharapkan imbalan setelah membantu kita. Sahabat tersebut membantu kita dengan tukus tanpa tendensi apapun.
4. Dapat Dipercaya
Yang namanya sahabat adalah orang yang bisa menjaga rahasia dan privasi kita. Dia dapat dipercaya dan tidak menusuk kita dari belakang atau membeberkan aib kita ke orang lain.
5. Peduli
Memperlihatkan ketertarikan yang tulus dan mendengarkan dengan seksama apa yang disampaikan orang lain sangat penting dalam menjalin hubungan yang solid. Jauhi sikap egois yang hanya memikirkan diri sendiri. Sebaliknya, tunjukkan kepedulian dengan memfokuskan perhatian terhadap orang lain agar ia merasa dihargai dan berarti.
6. Dapat Diandalkan
Sahabat juga dapat diandalkan, dia akan memberikan dukungan moral bahkan materi ketika kita dalam kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar